Pengembangan Koleksi

Untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi pemustaka maka perpustakaan harus mampu mengkaji/ mengenali siapa pemakainya, informasi apa yang diperlukan, dan mengusahakan tersedianya jasa pada saat diperlukan, serta mendorong pemakai untuk menggunakan fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan.

Pemustaka di perpustakaan PPPPTK Seni dan Budaya merupakan masyarakat homogen yang terdiri dari widyaiswara, instruktur, karyawan peserta diklat, Darmasiswa, prakerin dan mahasiswa Poliseni Yogyakarta. Analisis pemakai diperlukan untuk rencana pembinaan dan pengembangan koleksi perpustakaan demi tersedianya kebutuhan informasi yang benar-benar mutakhir dan relevan untuk masyarakat pemakainya.

Pengembangan koleksi perpustakaan PPPPTK Seni dan Budaya  mencakup kegiatan pengadaan bahan pustaka, perumusan kebijakan dalam memilih dan menentukan bahan pustaka  yang akan diadakan serta metode-metode yang diterapkan. Selanjutnya perpustakaan PPPPTK Seni dan Budaya membangun alur pengelolaan koleksi yang sistematis, terarah, terencana dan disesuaikan dengan tujuan serta anggaran yang tersedia.