Akreditasi Perpustakaan Pppptk Seni Dan Budaya
(Sri Endang Yektiningsih – Widayati Indarsih)

 

Pada hari Senin tanggal 25 Juli 2016, perpustakaan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya Yogyakarta mendapat penilaian dari tim asesor Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Jakarta. Pada sekitar pukul 19.00 rombongan tim asesor datang di perpustakaan PPPPTK SEni Dan Budaya. Asesor yang hadir saat itu sejumlah 2 orang, yaitu Drs Sudarto, M.Si. dan Nur Widiastuti, S.H. Selain tim asesor dari Perpusnas, turut hadir juga staf dari BPAD Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang selama persiapan proses akreditasi ini senantiasa memberikan bimbingan dan arahan pada perpustakaan PPPPTK Seni dan Budaya untuk mempersiapkan diri menghadapi akreditasi.

Sebagai pra acara akreditasi, dimulai dengan pengenalan lingkungan perpustakaan PPPPTK Seni dan Budaya, yang dipandu oleh pembawa acara Akhir Lusono, S.Sn.  Selama paparan berlangsung, disuguhkan pula tarian selamat datang sebagai salah satu perwujudan dari tugas fungsi PPPPTK Seni dan Budaya sebagai pengemban dan pengembang seni dan budaya Indonesia. Setelah tarian selesai, rombongan mulai memasuki ruang rapat di lantai 3 Gedung Perpustakaan.

Acara akreditasi dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan ramah tamah, dan sambutan Kepala PPPPTK Seni dan Budaya selaku tuan rumah, yang pada saat itu diwakili oleh Kepala Bidang Fasilitasi Peningkatan Kompetensi, Drs Rahayu Windarto, M.M. Selanjutnya, presentasi yang disajikan oleh koordinator perpustakaan PPPPTK Seni dan Budaya, Sri Endang Yektiningsih, SIP. Koordinator perpustakaan menyampaikan bahwa perpustakaan PPPPTK Seni dan Budaya merupakan perpustakaan yang menyediakan koleksi khusus, dan melayani instansinya. Layanan perpustakaan khusus pada dasarnya sama seperti layanan perpustakaan pada umumnya, meliputi layanan sirkulasi , referensi, rujukan, alih media, dan lain-lain sesuai kebutuhan.  Setelah paparan koordinator perpustakaan, dilanjutkan sambutan dari tim asesor yang diwakili oleh Drs Sudarto, M.S.

Pada acara inti, dilakukan pemeriksaan terhadap borang-borang perpustakaan, disertai  dengan tanya jawab antara asesor dengan staf perpustakaan. Borang-borang yang ada dicek satu-persatu, dilihat dari aspek kelengkapan dan kesesuaian penggunaan, dibandingkan dengan standar yang ada. Staf perpustakaan juga diminta untuk melakukan unjuk kerja proses-proses layanan perpustakaan, misalnya untuk melihat homepage perpustakaan. Asesor juga melakukan pengamatan terhadap sarana prasarana, dilihat dari aspek jenis barang, spesifikasi, jumlah, tata letak (lay out). Pada acara inti ini, tim asesor dibagi menjadi 2, Drs Sudarto, M.Si. melakukan verifikasi terhadap komponen-komponen: layanan, kerjasama, koleksi, pengorganisasian bahan perpustakaan, dan sumber daya manusia. Nur Widiastuti, S,H. melakukan verifikasi terhadap komponen: gedung/sarana dan prasarana, anggaran, manajamen, perawatan koleksi perpustakaan.

Selanjutnya dari hasil evaluasi tersebut dapat disimpulkan dari rangkaian kegiatan proses akreditasi dengan pengakuan formal oleh lembaga akreditasi perpustakaan nasio yang menyatakan bahwa lembaga perpustakaan PPPPTK Seni dan Budaya telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan, mendapat Sertifikat Nomor: 00002/LAP.PK/IX.2016, dengan predikat B sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan yang diserahkan oleh Kepala BPAD DIY (Budi Wibowo, SH., MM.) pada hari Jum’at 4 November 2016. Adapun komponen yang masih perlu ditingkatkan oleh perpustakaan sbb:

  1. Peningkatan layanan perpustakaan
  2. Peningkatan koleksi perpustakaan
  3. Peningkatan SDM
adminBeritaInformasi
  Akreditasi Perpustakaan Pppptk Seni Dan Budaya (Sri Endang Yektiningsih - Widayati Indarsih)   Pada hari Senin tanggal 25 Juli 2016, perpustakaan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya Yogyakarta mendapat penilaian dari tim asesor Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Jakarta. Pada sekitar pukul 19.00 rombongan tim asesor datang di...